PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPANDING PANEL SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII-A SMP SWASTA ADVENT NIAS

Penulis : Desman Telaumbanua

Abstrak : Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang merupakan salah satu modal dasar pembangunan bangsa.. Pada siklus I keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan model pembelajaran expanding panel mencapai rata-rata 65,28% atau berada pada interval cukup dan kuat, sedangkan pada siklus II keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan model pembelajaran expanding panel mencapai rata-rata 82,62% atau berada pada interval kuat dan sangat kuat. Jadi peningkatan antara siklus I ke siklus II yaitu 17,34% dan dapat disimpulkan bahwa keatifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran expanding mengalami peningkatan. Pada Siklus I (pertama) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 68,17 sedangkan pada Siklus II (dua) hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai rata-rata 80,33 Sedangkan persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I (pertama) mencapai sebesar 67,64% persentase yang dicapai tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan yakni 75% dengan demikian maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada pelaksanaan penelitian siklus II (kedua) maka peneliti memperoleh persentase ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 91,17%.

Kata Kunci : Expanding Panel, Pendidikan, keatifan siswa