Penulis : Sri Wahyuningsih
Abstrak :
Kegiatan mengajar guru yang menitikberatkan pada bantuan dan bimbingan belajar kepada masing-masing individuâ€. Ini berarti guru membimbing tiap pribadi siswa secara keseluruhan pada proses pembelajaran. Siswa dikelas belajar dengan gaya yang berbeda-beda. Perilaku mereka juga bermacam-macam baik cara mengemukakan pendapat, cara berpakaian, daya serap, tingkat kecerdasan, dan sebagainya. Masing-masing anak didik mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dari satu siswa dengan siswa yang lain. Perbedaan individual anak didik memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual. Proses pembelajaran IPS Terpadu dengan menerapkan Model Pembelajaran Individual. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII khususnya kelas VIII-2 yang berjumlah 36 orang.
Hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu 20 siswa 55,55% dengan rata-rata 65,44, dan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus ke II maka hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi jumlah siswa yang tuntas yaitu 36 siswa (100 %) dengan rata-rata 83,28. Hasil lembar observasi responden guru pada pertemuan 1 Siklus I dengan skor perolehan 47,06%, pada pertemuan 2 Siklus I dengan skor perolehan 67,65%, pada pertemuan 1 siklus II dengan skor perolehan 88,24% dan pada pertemuan 2 siklus II dengan skor perolehan sebesar 100%. Hasil dari lembar observasi untuk siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yaitu pada siklus I pertemuan 1 dengan skor perolehan 25,00%, pada siklus I pertemuan 2 dengan skor perolehan 16,67%, pada siklus II pertemuan 1 dengan skor perolehan 11,11%, pada siklus II pertemuan 2 dengan skor 5,56%. Hasil dari lembar observasi untuk siswa yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran adalah pada siklus I pertemuan 1 dengan skor 49,65%, pada siklus I pertemuan 2 skor perolehan 64,93%, pada siklus II pertemuan 1 dengan skor perolehan 85,76%, pada siklus II pertemuan 2 dengan skor 95,14%.
Kata Kunci : Individual, IPS Terpadu, Hasil Belajar