PENERAPAN PENDEKATAN EDUKATIF DENGAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 1 ALASA TALUMUZOI

Penulis : Asali Lase

Abstrak :
Pendekatan edukatif dengan metode drill adalah suata gambaran hubungan aktif dua arah antara guru dengan siswa yang berlangsung dalam ikatan pendidikan yang dapat dilakukan dengan cara mengembangkan kompetensi atau skill siswa baik dalam aspek kognitf, afektif, maupun psikomotor, sehingga siswa menjadi terampil dalam bidang yang dilatihkan, hasil belajar adalah kemampuan dasar yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pembelajaran IPS Terpadu melalui penerapan pendekatan edukatif dengan menggunakan metode drill, bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Alasa Talumuzoi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran drill sangat efisien dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar IPS Terpadu. Hal tersebut terbukti pada hasil pengamatan untuk siswa yakni: hasil observasi untuk siswa pada siklus pertama diperoleh sebesar 43.45% sedangkan pada siklus ke dua mengalami peningkatan menjadi 68% . Peningkatan antara siklus pertama dan ke dua sebesar 24.55%.
Kata kunci : pendekatan edukatif, metode drill, hasil belajar