UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS TEACHER HERE KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 NAMOHALU ESIWA

Penulis : Dedi Irawan Zebua

Abstrak : Kooperatif artinya bekerja sama atau gotong royong. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa diminta belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – B SMP Negeri 1 Namohalu Esiwa dengan jumlah 29 orang. Pada siklus I (pertama) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatife Tipe Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran mencapai rata-rata 59,01% berada pada interval lemah dan cukup, sedangkan pada siklus 2 (dua) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatife Tipe Everyone Is Teacher Here mencapai rat-rata 90,27% berada pada interval kuat dan sangat kuat. pada siklus pertama rata-rata hasil observasi untuk siswa 62,50% , berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus kedua rata-rata hasil observasi untuk siswa 73,43% berada pada kategori baik . Pada siklus 1 (pertama) rata-rata hasil belajar siswa pada akhir siklus sebesar 58,89 tergolong kategori Cukup, sedangkan pada siklus 2 (dua) rata-rata hasil belajar siswa pada akhir siklus sebesar 84,93 (lampiran 28 halaman 125) tergolong baik. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 (pertama) sebesar 51,72% sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 2 (dua) sebesar 93,10%.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Everyone Is Teacher Here, Belajar Siswa