Penulis : Serniati Zebua, SE.,M.Si
Abstrak : Dalam memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa banyak cara yang dilakukan oleh guru. Salah satunya dengan menerapkan metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Cooperative Integrated Reading And Composition yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi dan melatih siswa untuk mengeluarkan pendapat pada saat diskusi serta menumbuhkan generasi yang mampu berpikir kritis dan bersikap ilmiah dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang semakin maju.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian kelas VIII semester 2. Jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Dengan materi pembelajaran Sistem Perekonomian. Intrumen penelitian : (1) Lembar observasi yang terdiri dari : (a) Lembar observasi pengamatan proses pembelajaran responden guru/peneliti; (b) Lembar observasi siswa; (2) Tes hasil belajar; (3) Dokumentasi.
Hasil penelitian : (1) Hasil observasi pada siklus pertama (I), hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran dengam menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Cooperative Integrated reading And composition responden guru (peneliti) mencapai rata-rata 69.64% (Lamp 10 tab 6 hal 90) dikategorikan kurang. Sedangkan pada siklus dua (II) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Cooperative Integrated reading And composition responden guru (peneliti) mencapai rata-rata 76,78% (Lamp 26 tab 15 hal 130) dikategorikan baik.
Kata Kunci : Penerapan metode pembelajaran Kooperatif Teknik Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa