PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 LOTU

Penulis : Bezisokhi Laoli

Abstrak : Pembelajaran Kontekstual Model Relating merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Teknik ini memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Lotu yang berjumlah 35 orang. Hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Kontekstual Model Relating pada siklus I pertemuan 1 mencapai 61,90% dan pertemuan 2 mencapai 67,85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mencapai 82,24% dan pertemuan 2 mencapai 90,47%. Presentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 65,71% dan yang tidak tuntas sebesar 34,29%. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar meningkat, dimana yang tuntas sebesar 88,57% dan yang tidak tuntas sebesar 11,43%
Kata Kunci : Model Relating, Prestasi, Pembelajaran Kontekstual