Penulis : Desman Teleumbanua
Abstrak : Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah strategi mind mapping. Strategi menyampaikan ide atau konsep serta masalah dalam pembelajaran yang kemudian dibahas dalam kelompok kecil sehingga melahirkan berbagai alternatif-alternatif pemecahannya. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai maka penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada siklus I (pertama) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk responden guru melalui penerapan strataegi pembelajaran mind mapping mencapai rata-rata 66,66% berada pada interval yang cukup, sedangkan pada siklus yang II (kedua) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk responden guru melalui penerapan strategi pembelajaran mind mapping mencapai rata-rata 91,66% berada pada interval yang baik. Hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I rata-rata sebesar 53,78% dan pada siklus II rata-rata sebesar 97,19% (lampiran 12.7 halaman 129). Pada siklus I (pertama) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,21% tergolong cukup, sedangkan pada siklus II (kedua) rata-rata hasil belajar siswa 82,14% tergolong baik. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (pertama) sebesar 42,85%. Sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II (kedua) sebesar 82,14%.
Kata Kunci : Mind Mapping, Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar