PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 FANAYAMA – BOTOHILITANO

Penulis : Darisalim Telaumbanua,S.H.,M.H

Abstrak : Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak didik sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui berapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Fanayama – Botohilitano; dan (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap kefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewargaanegaraan SMP Negeri 2 Fanayama – Botohilitano.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pengelolaan kelas sebagai variabel bebas (X) dan keefektifan belajar siswa sebagai variabel terikat (Y), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 2 Fanayama – Botohilitano sebanyak 35 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket tertutup sebanyak 20 item angket tentang pengelolaan kelas dan 20 item angket keefektifan belajar siswa, dengan pilihan jawaban sering kali, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif persentase, dan pengolahan data statistik.
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang kiranya menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu (1) sebaiknya guru harus terampil dalam proses pembelajaran di kelas, baik secara teoritis maupun aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari; (2) guru diharapkan dapat menggunakan pengelolaan kelas secara efektif dalam proses pembelajaran sehingga efektifitas belajar siswa pada mata Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah meningkat; (3) guru diharapkan membimbing dan mengarahkan siswa melakukan kegiatan-kegiatan belajar secara efektif dan efesien; dan (4) dalam penulisan skripsi ini masih adanya berbagai keterbatasan baik dalam pengolahan data maupun penyajian teori. Untuk itu diharapkan adanya penelitian berikutnya yang lebih mendalam tentang pengelolaan kelas dan keefektifan belajar siswa.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Keefektifan Belajar Siswa