Penulis : Fatiani Lase, S.Pd.,M.Pd
Abstrak : Guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar, sebab seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Profesionalitas guru adalah guru yang memiliki kompetensi profesional. Kompetensi profesional yang dimaksud dalam hal ini merupakan kemampuan guru dalam pengusaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Sedangkan prestasi belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang dicapai siswa sebagai hasil belajar yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotir yang dinyatakan dalam bentuk angka atau skor.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : Untuk memperoleh data tentang pengaruh profesinalitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Hiliduho; untuk mengetahui berapa besar pengaruh profesinalitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Hiliduho; untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesinalitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Hiliduho.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho berjumlah 116 orang, maka yang menjadi sampel berjumlah 29 orang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yakni menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data.
Dari hasil temuan di atas, peneliti menyarankan beberapa saran, yakni: (1) Hendaknya masing-masing guru Pendidikan Kewarganegaraan terus meningkatkan profesionalitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga setiap siswa memiliki kemauan dan keinginan yang besar dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan; dan (2) Dengan kemajuan teknologi yang sudah sangat pesat, dapat mengakibaatkan siswa tidak ada kemauan dan keinginan dalam belajar, sehingga hal ini akan berpengaruh pada nilai-nilai yang didapatkan oleh siswa. Untuk itu, peran dari pada profesionalitas guru sangat dibutuhkan dalam membimbing serta memanamkan keinginan yang kuat dalam jiwa siswa untuk mau belajar baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Prestasi Belajar Siswa