Menteri Nadiem : Peran Penting Kerjasama Perguruan Tinggi Dengan Dunia Industri


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudritek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan pentingnya perguruan tinggi bermitra dengan dunia industri.

Salah satunya dengan program kampus merdeka, dalam hal ini setiap lembaga pendidikan, yakni perguruan tinggi bisa melakukan kerja sama dengan pihak swasta dalam hal pengembangan skill atau kemampuan mahasiswa.

Dalam meningkatkan kompetensi yang unggul dan relevan dengan kebutuhan dunia usaha, tentu kuncinya ada pada kemitraan industri dan perguruan tinggi dalam upaya transformasi sistem pendidikan,” katanya di Tangerang, Kamis, 15 Desember 2022

Dalam hal ini, menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudritek) Nadiem Anwar Makarim memberikan salah satu contoh universitas di Tangerang  menerapkannya dengan melakukan kerjasama. Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang bekerja sama dengan SIMTEK dan Klikdaily, sebagai wujud nyata untuk memberikan manfaat bagi para mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi untuk kebutuhan dunia usaha.

Pada Technopreneurship dan Innovation Lab akan mendorong mahasiswa untuk terlibat secara langsung sebagai wirausaha. Lalu, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait teknologi yang relevan dengan dunia industri, serta meningkatkan peluang karier bagi mahasiswa.

Dengan kerja sama dan arahan kementerian ini, tentu diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah terjun dalam dunia industri dan dapat menjawab kebutuhan industri, kompeten, dan profesional melalui pendidikan yang unggul, holistis dan transformasional.

Sumber : https://www.viva.co.id/edukasi/1555472