Penulis : Arianto Lahagu
Abstrak : Model pembelajaran explicit intruction disebut juga dengan direct instruction merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Hiliduho yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction mengalami peningkatan dari siklus I hingga pada siklus II. Hal ini dapat terlihat dari hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 44,23% (lampiran 10 halaman 116) tergolong cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sehingga persentase pengamatan yang diperoleh sebesar 80,77% (lampiran 10 halaman 116) tergolong sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada hasil analisis lembar observasi siswa mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 51,39% (lampiran 10 halaman 117) tergolong cukup dan siklus II meningkat sehingga persentase pengamatan menjadi 81,02% (lampiran 10 halaman 117) tergolong sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat
Kata Kunci : Explicit instruction, Model Pembelajaran, Ekonomi