PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MASALAH POKOK EKONOMI DI KELAS X SMK NEGERI 1 LAHOMI

Penulis : Yearning Harefa

Abstrak : Pada dasarnya kooperatif mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti mengangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Division(STAD)sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil observasi siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran pada siklu I adalah 23,33% dan pada siklus II adalah 8,34%. Rata-rata hasil observasi siswa aktif dalam proses pembelajaran pada siklus I adalah 67,005% dan pada siklus II adalah 83,02%. Rata-rata hasil observasi guru pada siklus I adalah 64,07% dan pada siklus II adalah 89,07%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,83 tergolong kategori cukup, dengan persentase ketuntasan 60,00% dan persentase ketidaktuntasan 40 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 84,65 tergolong kategori baik, dengan persetase ketuntasan 86,67%. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions(STAD), proses pembelajaran baik dan hasil belajar IPS siswa SMK Negeri 1 Lahomi meningkat.

Kata Kunci : Kooperatif, Tipe Student Teams, Hasil Belajar