PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 HILIDUHO

Penulis : Asali Lase

Abstrak : Strategi Pembelajaran Group To Group adalah guru memberikan tugas kepada kelompok peserta didik yang berbeda, masing-masing kelompok “mengajar” apa yang telah dipelajari untuk sisa kelas”. Pada strategi pembelajaran ini akan memudahkan siswa untuk lebih aktif, dan juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan gagasan, ide dalam topik pembahasan. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajar didepan kelas, maka siswa akan berusaha untuk lebih giat belajar, dan bekerjasama dengan temannya serta akan meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang sedang dipelajari.
Dengan adanya strategi pembelajaran maka jelas siswa akan lebih aktif,dan guru tidak mendominasi dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa juga mampu menyampaikan atau mempresentasikan pendapatnya dan mengemukakan pertanyaan kepada teman dan juga kepada guru. Dan kemudian dilihat dari hasil belajar, hasil belajar yang diperoleh siswa semakin meningkat. Dengan demikian maka peneliti mmenyimpulkan bahwa teori yang dikemukakan tersebut sejalan dengan temuan di lokasi penelitian.
Kata kunci : Strategi pembelajaran, Group to group, IPS Terpadu