Penulis : Sri Wahyuningsih
Abstrak : Metode pemberian tugas adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara guru memberi tugas tertentu kepada siswa dalam waktu yang telah ditentukan dan siswa mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah keseluruhan kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Tuhemberua yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa 170 orang. Hasil uji validitas angket item nomor 1 = rxy > rtabel atau 0,551 > 0,304 dan item angket berikutnya dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas, diperoleh rtabel = 0,304,. Jadi r > r atau 0,933 > 0,304, dengan demikian disimpulkan bahwa soal angket dinyatakan reliabel. Hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai rxy = 0,881, jadi dengan metode pemberian tugas dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuhemberua. Hasil uji koefisien determinasi disimpulkan bahwa Besar pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuhemberua adalah 77,62 %. Hasil uji hipotesis ternyata thitung > ttabel atau 11,777 > 2,704, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tuhemberua, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara.
Kata Kunci: Metode pemberian, Tugas, Deskriptif korelasional