Penulis : Henoki Waruwu
Abstrak : Belajar merupakan kegiatan bagi setiap orang. Pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, kegemaran dan sikap seseorang terbentuk, dan dimodifikasi serta berkembang yang disebabkan oleh belajar. Model pembelajaran yang diterapkan yaitu Small Group Discussion. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang. Hasil lembar observasi responden guru dimana pada siklus I pertemuan ke 1 adalah 45,83% dan pertemuan ke 2 berjumlah 63,88% dan pelaksanaan siklus ke II pada pertemuan pertama mencapai 86,11% dan pada pertemuan kedua, mencapai 94,44% . Hasil pengolahan data lembar observasi siswa yang tidak terlibat aktif dalam proses Pelajaran dimana pada siklus I pertemuan pertama mencapai = 40,00% dan pada tertemuan kedua 26,66% dan pelaksanaan siklus ke II pertemuan pertama mencapai 16,00% dan pada tertemuan kedua 6,66%. Hasil lembar observasi untuk siswa yang terlibat aktif siklus I pada pertemuan pertama mencapai hasil 38,98% dan pertemuan kedua 48% dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama 87,98%, dan pertemuan kedua 95,62%. Hasil belajar siswa dengan penerapan Pendekatan Model Pembelajaran Small Group Discussion di SMP Negeri 4 Alasa Talumuzoi ada peningkatan. Hal ini dapat diketahui bahwa pada siklus ke-I nilai perolehan rata-rata hasil belajar siswa mencapai = 61,63 dengan ketuntasan belajar adalah 56,66 %, dan pada siklus ke-II rata-rata nilai perolehan siswa meningkat menjadi 84,47 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,33%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Small Group Discussion, Siswa