Penulis : Elizama Zebua
Abstrak : Pendidikan sebenarnya merupakan suatu rangkaian peristiwa yang kompleks. Peristiwa tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan komunikasi antar manusia sehingga manusia itu tumbuh sebagai pribadi yang utuh. Selain itu dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar merupakan proses yang biasa diterapkan. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai, maka penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Hiliduho khususnya kelas VII-A SMP Negeri 1 Hiliduho yang berjumlah 30 orang laki-laki 17 orang dan perempuan 13 orang. Pada Siklus I (pertama) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan Menerapkan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching mencapai rata-rata 66,40%, berada pada interval cukup dan kuat sedangkan pada Siklus II (dua) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan Menerapkan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching mencapai rata-rata 92,18%, berada pada interval antara kuat dan sangat kuat. Pada Siklus I (pertama) peningkatan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 65,86% (lampiran 22 tabel 14halaman 88), tergolong cukup sedangkan kriteria persentase ketuntasan yaitu 63,33%, hal ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan minimal adalah 75% sedangkan pada Siklus II (dua) peningkatan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 81,04 tergolong kuat dan ketuntasan belajar siswa pada siklus 2 adalah 96,66%, dan hal ini mencapai target yang ditetapkan adalah 75%.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran, Reciprocal Teaching, Pendidikan