Penulis : Asali Lase
Abstrak : Metode inquiry adalah suatu metode pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang dipertanyakan. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran inquiry pada proses pembelajaran dan hasil belajar IPS Terpadu pada materi pokok kegiatan perekonomian Indonesia dalam setiap perekonomian Indonesia kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Hiliserangkai. Pada siklus I (pertama) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk responden guru melalui penerapan model pembelajaran Inquirymencapai rata-rata 42,39% berada pada interval yang cukup, sedangkan pada siklus yang II (kedua) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk responden guru melalui model pembelajaran Inquiry mencapai rata-rata 54,34% berada pada interval yang baik. Hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I rata-rata sebesar 49,70% tergolong cukup dan pada siklus II rata-rata sebesar 74,26% tergolong baik. Pada siklus I (pertama) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,18% tergolong cukup, sedangkan pada siklus II (kedua) rata-rata hasil belajar siswa 90,19% tergolong baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (pertama) sebesar 56,25% sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II (kedua) sebesar 93,75%.
Kata Kunci : Metode inquiry, Pembelajaran, Perekonomian