PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUGALA’OYO

Penulis : Yearning Harefa

Abstrak :
Model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan berbagai sumber belajar. Resource based learning (RBL) adalah segala bentuk belajar yang menghadapkan murid dengan suatu atau sejumlah sumber belajar secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara konvensional dimana guru menyampaikan bahan pelajaran kepada murid. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai, maka penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran yang diterapkan ialah Resource Based Learning (RBL). Hasil lembar observasi responden guru merupakan gambaran peningkatan keberhasilan peneliti dalam melakukan penelitian dimana pada siklus I pertemuan ke 1 adalah 42,14% dan pertemuan ke 2 berjumlah 53,57% dan pelaksanaan siklus ke II pada pertemuan ke 1 mencapai 83,33% dan pada pertemuan ke 2 mencapai 100%. Hasil lembar observasi untuk siswa selama proses pembelajaran berlangsung merupakan lembar penilaian terhadap siswa yang diberikan peneliti untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran yang pada siklus I pertemuan 1 dengan skor perolehan 56,25%, pada siklus I pertemuan 2 dengan skor perolehan 62,5%, pada siklus II pertemuan 1 dengan Skor perolehan 80,56%, pada siklus II pertemuan 2 dengan skor perolehan 93,75%. Penerapan model Pelajaran Resource Based Learning (RBL) di SMP Negeri 1 Tugala’oyo ada peningkatan. Hal ini dapat diketahui bahwa pada siklus ke I nilai perolehan rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 61,62% dengan ketuntasan belajar adalah 52,94% dan pada siklus ke II rata-rata nilai perolehan siswa meningkat menjadi 83,93% dengan ketuntasan belajar mencapi 100%.

Kata Kunci : Resource Based Learning, PTK, Prestasi Belajar