PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 1 ULUSUSUA

Penulis : Amin Otomi Harefa

Abstrak : Strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Uno (2011:2) bahwa: Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih atau digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya diakhir kegiatan belajar. Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses artinya dalam belajar akan terjadi proses melihat, membuat mengamati, menyelesaikan masalah atau persoalan, menyimak dan latihan. Itu sebabnya dalam proses belajar guru harus dapat membimbing dan memfasilitasi siswa agar siswa dapat melakukan proses-proses tersebut. Lokasi pelaksanan penelitian ini adalah di SMP Negeri 1 Ulususua yang beralamat di Desa Orahili, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 33 orang, Semester 1 Tahun.
Pembahasan penelitian dimaksudkan untuk memberikan interpretasi yang memungkinkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembahasan temuan penelitian ini didasarkan pada tujuan penelitian, kajian pustaka, temuan sebelumnya dan keterbatasan penelitian. Agar lebih terarah maka urutan pembahasan adalah mengungkapkan kembali permasalahan pokok penelitian, pemberian jawaban umum atas permasalahan pokok penelitian, analisis dan penafsiran temuan penelitian, perbandingan temuan dengan teori, dan keterbatasan temuan penelitian.
Kata kunci : Strategi Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar