Penulis : Elizama Zebua
Abstrak : Mutu pendidikan sangat erat hubungannya dengan hasil belajar siswa, karena siswa merupakan titik pusat proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan harus diikuti dengan peningkatan mutu siswa. Peningkatan mutu siswa dapat dilihat pada tingginya tingkat prestasi belajar siswa. Sedangkan tingginya tingkat prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh besarnya minat belajar siswa itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan mengelompokkan secara random menjadi dua kelompok atau dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Rata-rata hasil belajar siswa uji coba di kelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu tes awal 53,28 dan tes akhir 73,28. Sedangkan pada kelas kontrol di tes awal 37,77 dan tes akhir 59,33. Rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Debate terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu adalah kelas kontrol di tes awal yaitu 73,87 dan tes akhir yaitu 72,09. Sedangkan tes awal kelas eksperimen yaitu 71,33 dan tes akhir di kelas eksperimen yaitu 82,66. Berdasarkan hasil pengujian uji t diperoleh thitung = 3,623 >ttabel = 2,000. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Active Debate terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sitölu’öri.
Kata Kunci : Active Debate. IPS Terpadu, Mutu Siswa