Abstrak :
Metode Resitasi adalah Sebuah metode pembelajaran yang menugaskan siswa untuk mengerjakan sesuatu dengan tujuan untuk memantapkan, mendalami dan memperkaya materi yang sudah dipelajari untuk menemukan suatu pengetahuan dan keterampilan dan sikap yang relevan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Yang menjadi objek tindakan dalam penelitian ini adalah :penerapan metode pembelajaran Resitasi dalam pembelajaran IPS Terpadu dan Hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Hiliserangkai yang berjumlah 30 orang. Hasil lembar observasi responden guru dimana pada siklus I pertemuan ke 1 adalah = 53,40% dan pertemuan ke 2 berjumlah =73,86% dan pelaksanaan siklus ke II pada pertemuan pertama mencapai = 89,77% dan pada pertemuan kedua, mencapai = 95,45%. Hasil pengolahan data lembar observasi siswa yang tidak terlibat aktif dalam proses Pelajaran dimana pada siklus I pertemuan pertama mencapai = 36,66% dan pada pertemuan kedua = 23,33% dan pelaksanaan siklus ke II pertemuan pertama mencapai = 13,33% dan pada tertemuan kedua = 6,66%. Hasil lembar observasi untuk siswa yang terlibat aktif siklus I pada pertemuan pertama mencapai hasil = 58,33% dan pertemuan kedua = 73,12% danpada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama = 83,75%, dan pertemuan kedua = 95,20%. Hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Pembelajaran Resitasi di SMP Negeri 1 Hiliserangkai ada peningkatan. Hal ini dapat diketahui bahwa pada siklus ke-I nilai perolehan rata-rata hasil belajar siswa mencapai = 61,06 dengan ketuntasan belajar adalah =53,33 %, dan pada siklus ke-II rata-rata nilai perolehan siswa meningkat menjadi 81,50 dengan ketuntasan belajar mencapai = 100%.
Kata Kunci : Metode Resitasi, Pembelajaran, Pengetahuan