Penulis : Orani Zebua
Abstrak : Pemanfaatan model pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran terutama pencapaian hasil belajar. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajarâ€. Hasil belajar merupakan respon (tingkah laku) yang baruâ€. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki/ meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Data hasil observasi tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Plantet Question selama proses pembelajaran diolah dengan rating scale. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Plantet Quetion mengalami peningkatan dari siklus I hingga pada siklus II. Hal ini dapat terlihat dari hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 46,15% tergolong cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sehingga persentase pengamatan yang diperoleh sebesar 82,69% tergolong sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada hasil analisis lembar observasi siswa mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 57,71% % tergolong cukup dan siklus II meningkat sehingga persentase pengamatan menjadi 84,56% tergolong sangat baik tergolong sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Plantet Quetiondan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Hasil belajar pada materi ketenaga kerjaan di kelas VIII SMP Negeri 3 Botomuzoi mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab tes hasil belajar sehingga terlihat pada siklus I diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 71,61 tergolong baik dengan persentase ketuntasan siswa dalam belajar sebesar 55,56% tergolong cukup.
Kata Kunci : Classroom Action Research, Plantet Question, Ketenagakerjaan