PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATAPELAJARAN IPS TERPADU SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI

Penulis : Dedi Irawan Zebua

Abstrak : Pendekatan adalah sudut pandang atau cara dalam memulai sesuatu pada proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu atau dapat diartikan juga sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni apakah penerapan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliserangkai. Hasil lembar observasi responden guru dimana pada siklus I pertemuan ke 1 adalah 53,33% dan pertemuan ke 2 sebesar 66,66) dan pelaksanaan siklus II pada pertemuan pertama mencapai 86,66% dan pada pertemuan kedua, mencapai 96,66%
Setelah proses pelaksanaan penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-A SMP Negeri 2 Hiliserangkai diperoleh hasil temuan penelitian dengan teori terbukti ada peningkatan hasil belajar siswa
Kata Kunci : ketreampilan proses, IPS Terpadu, Prestasi Belajar