PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GIDO

Penulis : Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa,S.H.,M.H

Abstrak : Pendidikan Kewarganegaraan adalah “pelajaran yang secara umum bertujuan untuk mengembangkan potensi individu warga negara indonesia, sehingga memiliki wawasan, sikap, tingkah laku, dan keterampilan kewarganegaraan yang memadai dan memungkinkan untuk berpartisipasi secara cerdas dan bertanggung jawab dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. sedangkan Disiplin belajar adalah “suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan-keputusan, peraturan-peraturan dan norma-norma yang telah ditetapkan bersama, baik persetujuan tertulis maupun tidak tertulis antara siswa dengan guru di sekolah maupun dengan orang tua di rumah.
Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini adalah menggunakan analisa korelasi product moment oleh Husein Umar. Selanjutnya untuk dapat mengetahui kehandalan korelasi pada kedua variabel penulis melakukan uji hipotesis dengan uji “t”, pada taraf kepercayaan 0,05 % atau interval tingkat kepercayaan 95 %. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gido dan jumlah populasi siswa kelas VII sebanyak 120 orang siswa, jumlah laki-laki yaitu 62 orang siswa dan jumlah perempuan 58 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan secara acak dengan melakukan pengambilan sampel 25% dari 120 orang, maka sampelnya yaitu 30 orang siswa.
Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket Variabel (x) tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebanyak 20 item soal dan Variabel (y) tentang Disiplin Belajar sebanyak 20 item soal, Berdasarkan korelasi data instrument penelitian maka diperoleh. rhitung = 0,970 > rtabel 0,361 dimana N = 30. dan data berada pada korelasi sedang.
Dari hasil Penelitian uji t diketahui bahwa nilai dk = 30 dengan taraf kepercayaan 0,05 % yaitu 1,701. Dimana thitung (21,03) > ttabel dengan ttabel = 1,701, maka sesuai dengan perumusan hipotesis ditarik kesimpulan bahwa Ha di terima yaitu : “Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gido”. dan Ho di tolak yaitu : “Tidak Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gido Tahun”.

Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Disiplin Belajar.