Penulis : Darisalim Telaumbanua,S.H.,M.H
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap sikap mengemukakan pendapat para siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak (random sampling) yakni keseluruhan karakteristik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Semester 2 yang berjumlah 30 orang.
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti menyiapkan daftar pertanyaan kepada responden untuk dijawab sesuai dengan keadaan yang ada. Angket yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 60 item soal dengan 4 opsi, yakni item anket untuk variabel x sebanyak 30 item dan untuk variabel y sebanyak 30 item.
Setelah dilakukan penelitian dengan metode deskripsi (pendekatan kuantitatif) diperoleh jawaban atas permasalahan pokok tersebut diuraikan sebagai berikut. Pertama, dari hasil perhitungan uji validitas item angket no. 1 diperoleh rxy = 0,443 dikonsultasikan pada tabel kritik r Produck Mement, untuk N = 30 pada taraf signifikan 5 % rtabel = 0,361, dengan kata lain rxy = 0,443 > rtabel = 0,361 maka untuk item no. 1 dikatakan Valid, demikian untuk item 2 sampai dengan 60 diperoleh rxy > rtabel. Kedua, hasil pengujian reliabilitas penelitian diperoleh rxy = 0,892. Ketiga, hasil pengujian koefisien korelasi dipeoleh rxy = 0,822 yang selanjutnya disubtitusikan pada rumus koefisien determinasi diperoleh sebesar 67,5 %. Keempat, hasil dari perhitungan pengujian hipotesis ditemukan bahwa thitung nyata 0,05 dengan dk = n -2 = 30 -2 = 28 diperoleh data untuk n = 28 adalah ttabel = 1,701 dengan kritetia pengujian hipotesis Ha diterima jika thitung > ttabel yaitu thitung = 7,645 > ttabel = 1,701 sehingga dengan demikian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap Mengemukakan Pendapat.