PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE DISKUSI PADA MATERI POKOK PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI KELAS IX SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI

Penulis : Amin Otomi Harefa

Abstrak : Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran di mana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang dapat berupa pernyataan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama”. Untuk melaksanakan metode pengajaran diskusi, peserta didik di dalam kelas dibagi dalam kelompok-kelompok atau dengan kata lain siswa bekerja sama dalam satu kelompok kelompok
Permasalahan dari penelitian ini yaitu adakah perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajaran metode demonstrasi dengan metode diskusi pada materi pokok Perdagangan Internasional siswa kelas IX Semester 1 di SMP Negeri 1 Hiliserangkai T.P. 2014/2015. Ada perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan metode diskusi pada materi pokok Perdagangan Internasional siswa kelas IX Semester 1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai T.P. 2014 / 2015. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 4,868 > 1,998
Kata Kunci : metode demonstrasi, metode diskusi, perdagangan internasional