UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 3 IDANO

Penulis : Serniati Zebua

Abstrak :

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran diarahkan pada peningkatan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar berlangsung secara optimal antara guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa yang optimal berimbas pada peningkatan penguasa konsep siswa yang pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran learning starts with a question pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Idano Gawo T. P 2014/2015, bagaiman hasil belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Idano Gawo melalui penerapan model pembelajaran learning starts with a question.
Hasil lembar observasi guru peneliti dimana pada siklus I pertemuan ke 1 adalah 53,57%, pada pertemuan ke 2 sebesar 64,28% dan pada pelaksanaan siklus ke II pada pertemuan pertama mencapai 83,92% dan pada pertemuan kedua, mencapai 96,42% . Artinya ada peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran learning starts with a question

Kata Kunci: learning start with a question, IPS terpadu, SMP 3 Idano