UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI POKOK SISTEM EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 GIDO

Penulis : Henoki Waruwu

Abstrak : Hasil belajar merupakan pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap, apresiasi, kemampuan (ability), dan keterampilan”. Hasil belajar ini berupa beberapa pola yang telah diperoleh siswa setelah mengalami pengalaman belajarnya. Biasanya setelah proses pembelajaran dilaksanakan maka akan dilakukan tes evaluasi yang nantinya akan tampak hasil belajar siswa, yang dimana hasil belajar tersebut nantinya akan dijadikan guru sebagai penilaian ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan adanya model pembelajaran maka jelas siswa akan lebih aktif,dan guru tidak mendominasi dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa juga mampu menyampaikan atau mempresentasikan pendapatnya dan mengemukakan pertanyaan kepada teman dan juga kepada guru. Dan kemudian dilihat dari hasil belajar, hasil belajar yang diperoleh siswa semakin meningkat. Dengan demikian maka peneliti mmenyimpulkan bahwa teori yang dikemukakan tersebut sejalan dengan temuan di lokasi penelitian.
Kata Kunci : IPS Terpadu, Group Investigation, SMPN 4 Gido