PENGARUH PEMBERIAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR DI KELAS IX SMP MASYARAKAT DAMAI GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Penulis : Amstrong Harefa, S.H.,M.H

Abstrak : Hukuman adalah perbuatan yang dengan sadar dan disengaja diberikan dengan serta mengakibatkan nestapa terhadap anak atau sesama manusia yang menjadi tanggung jawab kita dan pada umumnya ada dalam kondisi yang lebih lemah secara fisik maupun psikis daripada kita, juga memerlukan kita. Sedangkan kedisiplinan ialah adanya kesediaan untuk mematuhi peraturan-peraturan dan larangan-larangan, kepatuhan di sini bukan hanya patuh karena adanya tekanan-tekanan dari luar, melainkan kepatuhan yang didasari tentang nilai dan pentingnya peraturan-peraturan dan larangan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui data tentang pengaruh pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui besernya pengaruh penerapan hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2013/2014. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel yang diteliti yaitu pemberian hukuman sebagai variabel bebas (X) dan kedisiplinan siswa dalam belajar sebagai varibel terikat (Y).
Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan yaitu (1) Besarnya rata-rata perolehan skor item angket untuk pemberian hukuman (variabel X) adalah 64,3 sedangkan kedisiplinan siswa dalam belajar sebesar 65. (2) Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil rxy = 0,805 dan rtabel = 0,361 dengan tingkat korelasinya tinggi. Sedangkan dari perhitungan koefisisen determinan pemberian hukuman mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar sebesar 64,803%. (3) Adanya pengaruh yang sangat kuat antara pemberian hukuman terhadap pembentukkan kedisiplinan siswa dalam belajar. Hal ini ditandai dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7.180 > ttabel = 2,048 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran yaitu (1) Hendaknya setiap siswa yang melanggar disiplin sekolah diberikan hukuman yang tegas dan bersifat mendidik, (2) Setiap siswa hendaknya menunjukkan kedisiplinan diri serta respon yang baik terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah. (3) Hendaknya tata tertib sekolah lebih dipertegas agar tercipta kedisiplinan siswa dalam belajar.
Kata Kuci : Hukuman, Kedisiplinan Siswa