PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HILIMEGAI

Penulis : Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa, SH.,MH

Abstrak : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan, yang terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) informasi tentang data pengaruh kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Hilimegai; (2). berapa besar pengaruh kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Hilimegai; (3). ada tidaknya pengaruh kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Hilimegai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Hilimegai berjumlah 121 orang dan sebagai sampel penelitian sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket sebelum dijadikan sebagai instrumen penelitian memenuhi syarat uji kelayakan, sehingga angket yang memenuhi syarat kelayakan angket dijadikan sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini, adalah: (1) Besar pengaruh kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Hilimegai adalah 32 %; (2) Ada pengaruh yang signifikan kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Hilimegai, berdasarkan pengujian hipotesis penelitian, dimana thitung > ttabel yaitu: 3,96>1,73. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan yaitu :(1) Hendaknya Guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan agar lebih ditingkatkan lagi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan di sekolah; (2) Hendaknya peneliti-peneliti lainnya untuk mencari aspek lainnya yang mempunyai hubungan dengan sikap dan kepribadian siswa; (3) Hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti lain; (4) Hendaknya penelitian ini dapat dilanjutkan di tingkat yang lebih luas.

Kata Kunci : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Hasil belajar.