PENGARUH PERBEDAAN PENDAPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI

Penulis : Darisalim Telaumbanua, SH.,MH

Abstrak : Pendapat secara umum diartikan sebagai buah gagasan atau buah pikiran. Mengemukakan pendapat berarti mengemukakan gagasan atau mengeluarkan pikiran. Dalam kehidupan Negara Indonesia, seorang yang mengemukakan pendapatnya atau mengeluarkan pikirannya dijamin secara konstitusional. Menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga Negara untuk menyampaiakan pikiran dengan lisan, tulisan dan sebagainya secara bebas dan bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kebebasan untuk berekspresi dan mengeluarkan pendapat adalah prinsip universal di dalam Negara demokratis. Menurut Chaplin (1992:159) “ Hasil belajar merupakan suatu tingkatan khusus yang diperoleh sebagai hasil dari kecakapan kepandaian, keahlian dan kemampuan di dalam karya akdemik yang dinilai oleh guru atau melalui tes hasil belajar”. Mochtar Buchari (1986:94) mengatakan bahwa: “Hasil yang dicapai atau ditojolkan oleh anak sebagai hasil belajarnya, baik berupa angka atau huruf serta tindakannya yang mencerminkan hasil belajar yang dicapai masing-masing anak dalam periode tertentu”. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan Pengaruh Perbedaan Pendapat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata PElajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa ada pengaruh perbedaan pendapat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Dimana nilai rxy 8,3443 > rtabel 1,703, maka sesuai dengan hipotessis penelitian ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh perbedaan pendapat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Berdasarkan pengujian hipotesis tersebut, maka dalam hal ini disarankan agar seorang guru mampu mengaplikasikan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat baik dalam bentuk pertanyaan maupun tanggapan pada proses pembelajaran. Sehingga hal ini memungkinkan seorang siswa secara langsung mampu memahami isi dari materi yang diberikan.

Kata Kunci: Perbedaan Pendapat, Hasil Belajar