Penulis : Adrianus Bawamenewi, S.H.,M.H
Abstrak : Pendidikan kewarganegaraan pada hakikatnya menyiapkan para siswa sebagai warga masyarakat sekaligus sebagai warga negara yang baik. Proses pembelajaran harus dipahami sebagai bagian dari proses pembudayaan subjek didik sehingga menjadi pribadi manusia yang berbudaya dan beretika. Sehubungan dengan hal tersebut, pembinaan moralitas dalam proses pembelajaran diharapkan dilakukan melalui penanaman nilai-nilai pada siswa sehingga memiliki sikap dan bertingkah laku sesuai dengan etika yang berlaku dimasyarakat.
Moralitas merupakan suatu tuntutan dalam melaksanakan apa yang baik dan tidak bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat sehingga pembinaan moralitas di sekolah diharapkan dapat mengarahkan kelakuan dan pikiran peserta didik untuk berbuat baik dan beretika. Untuk itu, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui data tentang pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011. (2) Untuk mengetahui besar sumbangan pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan terhadap etika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan terhadap etika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melaksanakan penelitian dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Mazo. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 4 Mazo yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 38 orang. Keseluruhan populasi sekaligus ditetapkan sebagai sampel penelitian (total sampling). Untuk mendapatkan data digunakan instrumen angket, baik untuk Pembinaan moralitas (variabel X) maupun etika siswa (variabel Y).
Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, Pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011 tergolong kurang dengan rata-rata nilai angket sebesar 58,74 dan etika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011 tergolong kurang dengan rata-rata nilai angket sebesar 57,84. Kedua,Besar sumbangan pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan terhadap etika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011 adalah 73,27%. Ketiga, Ada pengaruh pembinaan moralitas melalui pendidikan kewarganegaraan terhadap etika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mazo tahun pelajaran 2010/2011.
Kata Kunci: pembinaan moralitas, pendidikan kewarganegaraan, etika, siswa